Text Editor (Pengertian, Fungsi, Aplikasi)


Pengertian Text Editor

Text Editor adalah suatu software aplikasi atau suatu program komputer yang memungkinkan kalian sebagai penggunanya untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks yang ada berupa text biasa. Text editor ini sebenarnya bisa digunakan untuk membuat program komputer dan mengedit source code dari bahasa pemograman. Selain itu, text editor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman web atau template web design dan juga membuat aplikasi tertentu. Software aplikasi satu ini memang secara umum ditujukan untuk mempermudah aktivitas pemrograman.

Text Editor memiliki fitur-fitur sangat kecil dan sederhana. Namun ada juga beberapa text editor kini sudah menawarkan fungsi  luas dan kompleks. Apa saja contohnya? Unix dan Linux adalah contohnya. Dalam sistem operasinya sudah tersedia Editor VI (atau varian), tapi banyak juga yang mencakup editor Emacs. Sementara sistem operasi dari Windows itu sendiri menyediakan Notepad standar. Walaupun sudah tersedia secara bawaan, banyak programmer lebih menyukai text editor lainnya yang memang fiturnya lebih banyak atau lengkap.




Fungsi Text Editor

1). Menulis Kode Program

Text editor digunakan untuk membuat atau mengedit file salinan sederhana, misalnya daftar pekerjaan hari ini atau catatan singkat lainnya. Untuk programer text editor juga dapat digunakan sebagai penulisan kode program.


2). Mencari Kata Pada Sebuah File Ataupun Folder

Dalam mengolah banyaknya teks, fitur find/ search merupakan fitur wajib bagi sebuah text editor. Tentu saja mudah untuk membuka sebuah file pada text editor dan mencari sebuah kata yang diinginkan dengan fungsi find/search, namun bagaimana jika kalian ingin mencari file mana saja yang mengandung makna tertentu? Membuka satu persatu file tentu merupakan pekerjaan merepotkan, padahal kasus seperti ini sering terjadi dalam aktivitas sehari hari. Dengan text editor dapat dengan mudah dilakukan, yaitu melalui menu search


3). Mengurutkan Data yang Ada

Pada umumnya mengurutkan data bagi programmer yaitu berkaitan dengan angka atau numerik, semacam mengurutkan angka dari yang terbesar hingga terkecil atau sebaliknya. Tetapi memang adakalanya Anda sebagai programmer juga ingin mengurutkan data teks sesuai keperluan pribadi dengan urutan khusus. Disinilah text editor tingkat advanced juga dapat berfungsi untuk mempermudah pekerjaan Anda.


4). Membandingkan Satu File dengan yang Lainnya

Fungsi text editor terakhir adalah membandingkan dua file. Misalkan Anda punya dua file yang sekilas tampaknya sama saja, namun terdapat perbedaan konten dari kedua file tersebut yang sulit untuk dilacak secara manual. Nah, dengan begitu Anda tentu perlu bantuan dari sebuah tool untuk membandingkan dan menunjukan apa perbedaan dari kedua file tersebut. Ini juga merupakan peranan text editor.


Sumber :

monitorteknologi.com




Aplikasi Teks Editor

Text Editor dapat digunakan di semua device (hp, pc, laptop, macbook). Berikut ini adalah daftar nama - nama teks editor :

A). PC, Laptop, MacBook

1). Sublime Text

Sublime Text adalah editor teks canggih untuk kode, markup, dan prosa. Anda akan menyukai antarmuka pengguna yang apik, fitur luar biasa, dan kinerja luar biasa.


2). Notepad++

Notepad ++ adalah editor kode sumber gratis dan pengganti Notepad yang mendukung beberapa bahasa. Berjalan di lingkungan MS Windows, penggunaannya diatur oleh GNU General Public License. Notepad++ juga ada versi android yang dapat di unduh di playstore.


3). Atom

Atom adalah editor teks yang jelas dirancang untuk pembuat kode dan pemrogram dengan dukungannya untuk sejumlah bahasa dan tata letaknya yang dipikirkan dengan baik. Memulai dengan Atom, Anda akan melihat bahwa aplikasi dirancang dengan mempertimbangkan programmer.


4). Brackets

Brackets adalah editor teks modern yang ringan namun kuat. Kami memadukan alat visual ke dalam editor sehingga Anda mendapatkan jumlah bantuan yang tepat saat Anda menginginkannya tanpa menghalangi proses kreatif Anda. Anda akan menikmati menulis kode dalam kurung.


5). Bluefish

Bluefish adalah editor hebat yang ditargetkan untuk pemrogram dan pengembang web, dengan banyak opsi untuk menulis situs web, skrip, dan kode pemrograman. Bluefish mendukung banyak bahasa pemrograman dan markup. Lihat fitur untuk ikhtisar ekstensif, lihat tangkapan layar , atau unduh segera. Bluefish adalah proyek pengembangan sumber terbuka , dirilis di bawah lisensi GNU GPL.


6). Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor teks sumber yang ringan namun kuat yang berjalan di desktop Anda dan tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux. Muncul dengan dukungan bawaan untuk JavaScript, TypeScript dan Node.js dan memiliki ekosistem ekstensi yang kaya untuk bahasa lain (seperti C++, C#, Java, Python, PHP, Go) dan runtime (seperti .NET dan Unity).


7). CudaText

CudaText adalah editor teks lintas platform, yang ditulis dalam Lazarus.


8). GNU Emacs

GNU Emacs editor teks yang dapat diperluas, dapat disesuaikan, gratis/gratis — dan banyak lagi. Pada intinya adalah juru bahasa untuk Emacs Lisp, dialek bahasa pemrograman Lisp dengan ekstensi untuk mendukung pengeditan teks.


9). ConTEXT

ConTEXT adalah editor teks freeware kecil, cepat dan kuat, yang dikembangkan untuk berfungsi sebagai alat sekunder untuk pengembang perangkat lunak.


10). EditPad

Editpad adalah editor teks online yang dikembangkan untuk mengedit teks biasa. Ia bekerja mirip dengan notepad online Microsoft. EditPad juga ada versi aplikasinya yaitu EditPad Lite & EditPad Pro.


11). Komodo Edit

Komodo Edit adalah editor kode multi-bahasa (Python, Perl , Ruby, HTML/CSS, Javascript , dan lainnya) untuk pemrograman dan pengembangan web. Komodo juga ada yang versi IDE yaitu Komodo IDE.



B). Handphone (Hp)

1). Webmaster's HTML Editor

Webmaster's HTML Editor adalah alat pengeditan HTML untuk perangkat seluler yang membuat tugas sederhana yang mungkin tampak sangat sulit, yaitu mengedit kode HTML dari layar sentuh kecil.


2). QuickEdit

QuickEdit adalah editor teks yang cepat, stabil, dan berfitur lengkap. Ini telah dioptimalkan untuk digunakan pada ponsel dan tablet.


3). Dcoder

Dcoder adalah IDE dan platform pengkodean seluler (Compiler untuk seluler), tempat Anda dapat menjalankan proyek, membuat kode, dan mempelajari algoritme dengan memprogram di seluler. Bangun dan terapkan proyek Anda langsung dari ponsel dan integrasikan dengan Git (Gtihub, bitbucker) dan sinkronkan dengan kode vs, penggunaan kompilasi kode untuk mempermudah pengkodean. Sekarang kode kapan saja, di mana saja dan di mana saja.


4). Online Compiler

Online Compiler adalah kompiler dan IDE online tercepat untuk mengkompilasi dan menjalankan program/cuplikan kode pada ponsel cerdas Anda untuk 23 bahasa pemrograman.




Oke itu saja yang dapat saya sampaikan,

Semoga bermanfaat :)

Jangan lupa untuk bookmark blog Ini.


See You Next Time Guys ●‿○

Post a Comment

0 Comments