Kunci Jawaban TLJ Tentang Sistem Komunikasi VoIP



1. Teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet disebut ….

A. Softswitch

B. TCP/IP

C. SIP

D. VoIP

E. UDP


2. Berikut merupakan contoh aplikasi VoIP, kecuali ….

A. Google Meet

B. Line

C. Safari

D. WeChat

E. Skype


3. Layanan VoIP call yang memungkinkan untuk melakukan panggilan dari telepon ke komputer adalah ....

A. Phone to Computer

B. Phone to Phone

C. Computer to Computer

D. Computer to Phone

E. Computer


4. Protokol yang digunakan pada VoIP untuk mengirim audio streaming yang berlangsung terus menerus dan lebih mementingkan kecepatan pengiriman data agar tiba di tujuan tanpa memerhatikan adanya paket yang hilang walaupun mencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan adalah ….

A. TCP

B. IP

C. UDP

D. H.323

E. SIP


5. Protokol VoIP yang sering digunakan untuk mengontrol titik komunikasi dan memiliki fitur tambahan yang unik, yakni call waiting adalah ....

A. H.323

B. MGCP

C. SIP

D. IAX

E. TCP/IP


6. Perangkat telepon berbentuk software disebut juga dengan ….

A. VoIP Server

B. VoIP Switch

C. VoIP Gateway

D. Codec

E. Softphone


7. Apabila terjadi perbedaan impedansi dari jaringan yang menggunakan four-wire dengan two-wire, maka akan menyebabkan ….

A. Echo

B. Jitter

C. Buffer

D. Delay

E. Loss Packet


8. Standar berikut yang mengatur video codec adalah ….

A. H.225

B. H.245

C. G.728

D. H.261

E. G.722


9. Untuk mengatasi jitter, maka paket data yang datang dikumpulkan dahulu selama waktu yang telah ditentukan sampai paket dapat diterima pada sisi penerima dengan urutan yang benar didalam ….

A. Delay

B. Harddisk

C. Packet storage

D. ROM

E. Jitter Buffer


10. Salah satu fungsi dari VoIP yang berfungsi untuk menangkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan inisialisasi pesan dan percakapan disebut ….

A. Codec

B. Decoder

C. Signalling

D. Call connect

E. Database server


11. Delay maksimum yang direkomendasikan oleh ITU untuk aplikasi suara adalah .... ms dan masih bisa diterima pengguna adaah …. ms

A. 100, 150

B. 120, 100

C. 150, 250

D. 150, 150

E. 250, 150


12. Fungsi backup data secara berkala pada sistem VoIP adalah ….

A. Mencegah kehilangan data ketika terjadi masalah sistem

B. Mencegah kerusakan hardware

C. Memberikan peringatan bahwa terdapat malware

D. Menstabilkan bandwidth yang digunakan

E. Mencegah adanya virus yang menyerang software


13. Suatu aktivitas memelihara atau menjaga dan melakukan perbaikan yang diperlukan pada sistem disebut ….

A. Konfigurasi

B. Maintenance

C. Administrasi

D. Backup

E. Restore


14. Berikut yang merupakan langkah tepat untuk mengatasi kualitas audio yang buruk adalah ….

A. Mengecilkan suara mikrofon

B. Melakukan kondisi kelayakan software

C. Melakukan konfigurasi QoS pada router

D. Mengubah codec sistem

E. Menjauhkan perangkat dari peralatan elektronik lain


15. Solusi tepat untuk mengatasi terjadinya ringback adalah .…

A. Tutup semua aplikasi yang menggunakan konsumsi bandwidth besar

B. Matikan komputer lain yang sedang terhubung ke jaringan yang sama

C. Periksa call manager

D. Periksa bandwidth limit

E. Periksa konfigurasi gateway dan firewall router






Oke itu saja yang dapat saya sampaikan,

Semoga bermanfaat :)

Jangan lupa untuk bookmark blog Ini.


See You Next Time Guys ●‿○

Post a Comment

0 Comments